HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Microgreens! Si Mungil yang Miliki Manfaat Untuk Kesehatan

Semenjak masa pandemi ini berlangsung, sebagian orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Bermacam jenis hobi dan kreativitas pun dikerjakan untuk mengisi waktu di rumah, salah satu kegiatannya yang populer yakni berkebun. Mulai dari menanam jenis buah atau sayuran tertentu, sampai memodifikasi cara penanaman agar lebih sesuai dengan lingkungan rumahnya.

Namun, ada juga yang mencoba menanam sayuran mini, jadi tak perlu lahan yang luas, sebab beberapa jenis sayuran hijau ukurannya amat mini sehingga bisa Anda tanam di pot kecil cantik. Jenis sayuran hijau mungil ini disebut dengan microgreens alias vegetables confetti atau micro herb.

Microgreens saat ini sudah menjadi istilah yang cukup populer dalam dunia berkebun sekaligus dunia kuliner. Mungkin beberapa orang juga banyak yang mencoba microgreens dan membahasnya di media sosial belakangan ini. Bukan hanya mudah ditanam karena tak memerlukan banyak ruang untuk tumbuh, microgreen juga menyehatkan. Untuk itu, mari berkenalan dengan jenis tanaman sayur yang satu ini.

Baca Juga:

Apa itu Microgreens?

Arti microgreens sendiri yaitu bibit sayuran yang dipanen ketika masih sangat muda, sekitar 7-14 hari sesudah mulai berkecambah dan muncul daun mudanya. Ciri-ciri dari sayuran microgreen ini memiliki rasa yang netral, pedas, pahit, asam, atau bahkan bercita rasa rempah yang kuat.

Biasanya yang termasuk sayuran microgreens adalah bayam, arugula, lobak, kemangi, seledri, selada air, ketumbar, peterseli, seledri, kucai, daun bawang, kubis, kembang kol, bit, dan brokoli, serta jenis kacang seperti kacang polong dan kacang Arab juga termasuk microgreens. Karena memiliki ukuran yang mini, tanaman ini bisa Anda tanam sendiri di rumah sekaligus menjadi tanaman penghias ruangan.

Akan tetapi, untuk produksi sayuran mini ini tak begitu sulit, Anda hanya perlu memberikan perlindungan yang cukup bagi tanaman, seperti rumah kaca atau terowongan tinggi. Pembudidayaan tanaman ini juga bisa di dalam ruangan yang diberikan pencahayaan dari lampu buatan. Untuk waktu budidayanya juga sangat singkat karena tanaman sudah bisa dipanen maksimal saat berumur 14 hari.

Tentu tanaman muda ini memerlukan cahaya, akan tetapi tak secara langsung dan suhu yang dibutuhkan untuk budidaya sekitar 24°C—29°C. Apabila suhu berada di luar rentang tersebut, proses pertumbuhan tanaman akan terhenti dan rusak. Mineral yang terkandung di dalam microgreen terbilang lebih tinggi sekitar 17%—18% dari bobot kering. Sedangkan tanaman yang sudah dewasa hanya memiliki mineral sebanyak 5%.

Manfaat Kesehatan dari Microgreens

Mengonsumsi sayuran seringkali dihubungkan dengan menurunkan risiko penyakit. Karena, sayuran mempunyai kandungan yang besar akan vitamin, mineral, dan lainnya. Apalagi tanaman microgreens ini yang mengandung nutrisi dan terkadang lebih besar daripada sayuran pada umumnya.

Lain daripada itu, sayuran hijau mini ini juga kaya akan enzim, jadi lebih mudah untuk dicerna. Namun pada sayuran dewasa, jumlah kandungan nutrisi ini bisa menyusut porsinya sebab terus dipakai selama sayuran tersebut mengalami pertumbuhan.

Kandungan di dalam sayuran mudah seperti vitamin, mineral, antioksidan, betakaroten, minyak nabati, dan protein yang lebih lengkap daripada sayuran dewasa. Adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalam sumber makanan nabati sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga kanker. Misalnya saja, antioksidan polifenol yang bisa menurunkan kadar LDL dan trigliserida, serta menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Apalagi risiko kontaminasi bakteri pada sayuran microgreens lebih kecil dibandingkan dengan kecambah atau tanaman dewasa lainnya. Dan bagian sayur yang dikonsumsi juga sebatas daun dan batangnya saja, tak sampai ke akar. Akan tetapi, masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian mengenai manfaat microgreen untuk kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Microgreens! Si Mungil yang Miliki Manfaat Untuk Kesehatan"

Posting Komentar