HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Wajib Anda Tau! Ini 6 Penyebab Tanaman Indoor Tak Bisa Tumbuh Subur

Anda mempunyai banyak tanaman di dalam ruangan? Tentunya, Anda ingin tanaman selalu sehat dan sehingga Anda terus melakukan perawatan untuk melihat tanaman tetap sehat. Namun, masih banyak tanaman menjadi layu sebab perawatan yang terlalu berlebihan.

Umumnya perawatan yang berlebihan ini didasari oleh alasan jika tanaman yang di tempatkan di dalam ruangan, memerlukan perawatan ekstra supaya tanaman bisa tetap hidup. Cara paling baik yang bisa Anda kerjakan untuk merawat tanaman indoor yaitu dengan mengetahui persis bagaimana perawatan yang tepat untuk merawat tanaman indoor.

Apabila perawatan yang Anda kerjakan selama ini sudah Anda anggap cara terbaik, bisa jadi cara tersebut yang jadi penyebab tanaman di rumahmu mati atau layu. Oleh karen itu, berikut ini 6 cara yang justru bisa membuat tanaman Anda menjadi mati atau layu.

Baca Juga:

1. Terlalu Banyak Memberi Air

Sebab tanaman indoor dalam sisi perawatannya berbeda, Anda beranggapan dengan memberikan air terus menerus memang diperlukan sehingga tanaman tidak mati akibat kekurangan air. Akan tetapi, hal tersebut justru bisa mengakibatkan akar tanaman menjadi busuk dan membuat tanaman jadi mati.

Untuk itu, mulai sekarang Anda jangan terlalu banyak dan terlalu sering memberikan air pada tanaman Anda. Salah satu cara yang tepat untuk merawat tanaman indoor yakni dengan membuat jadwal kapan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman.

2. Kurangnya Cahaya

Kurangnya cahaya yang sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut bisa menjadi faktor tanaman mati. Ciri-ciri tanaman yang kekurangan cahaya, warnanya akan terlihat jauh lebih pucat dibandingkan dengan tanaman lain yang pencahayaannya cukup. Apabila warna tanaman berubah menjadi lebih pucat, itu menandakan tanaman tersebut akan mati atau layu.

Walaupun tanaman ditempatkan di dalam ruangan, Anda harus memastikan bila tanaman tersebut memperoleh pencahayaan yang cukup. Dan sebaiknya tempatkan tanaman indoor di tempat yang terjangkau oleh sinar matahari.

3. Kekurangan Cairan

Bukan hanya kulit tubuh yang butuh kelembapan, tanaman juga memerlukan kelembapan yang tepat dan sesuai. Karena sebagian besar tubuh tanaman dipenuhi oleh cairan. Apabila kandungan air pada tanaman tersebut menurun drastis, tanaman akan kehilangan tekanan turgornya yang mengakibatkan bentuk tanaman menjadi menyusut dan tampak layu.

Apabila Anda tak memerhatikan kondisi tersebut dan tak bisa menyeimbangkan kelembapan yang semestinya, bisa-bisa tanaman Anda menjadi mati atau layu. Cara mencegah agar hal ini tak terjadi, Anda harus memastikan penguapan pada tanaman tak lebih besar dari kandungan air di dalam tubuhnya. Anda bisa menyiram tanaman tersebut secara rutin atau memindahkannya ke tempat yang lebih teduh bila tanaman berada di pot.

4. Tanaman Kekurangan Nutrisi

Semua jenis tanaman pasti memerlukan asupan nutrisi makanan yang cukup untuk mampu hidup secara normal. Wajib diketahui, nutrisi yang dikandung pada tanah lama kelamaan akan semakin menipis bila tak diperbarui. Penyebab ini seringkali terjadi pada tumbuhan yang ditanam di dalam pot. Dan akibatnya, bila tanaman kekurangan nutrisi yaitu postur tanaman akan tampak kerdil dan mudah layu. 

Penanganan yang bisa Anda lakukan yaitu harus memberikan pupuk secara berkala pada tanaman tersebut. Harus diingat, untuk pemberian pupuk pun harus dikerjakan dengan takaran yang tepat dan prosedur yang benar. Karena pemberian pupuk yang keliru justru bisa mengakibatkan tanaman mati.

5. Terserang Penyakit Akibat Jamur dan Bakteri

Selain manusia, tanaman juga bisa terserang penyakit yang bisa membuat layu di bagian batang, akar, atau daunnya. Biasanya hal ini bisa diakibatkan karena serangan jamur dan bakteri pada tumbuhan. Contohnya tanaman cabai bisa layu akibat terkena jamur Fusarium Oxysporium f.sp.capsici atau bakteri Psudomonas Solanacearum

Solusi untuk mengobati serangan dari jamur dan bakteri, Anda harus membuang bagian tumbuhan yang berpenyakit. Kemudian semprotlah tanaman tersebut dengan pestisida dan fungisida yang tepat.

6. Penyiraman yang Tak Tepat & Penumpukan Garam pada Tanaman

Ketika Anda menyiram tanaman yang berada di dalam pot, umumnya Anda hanya menyiramnya tanpa membiarkan airnya mengalir. Perlakuan tersebut hanya akan membuat tanaman menjadi basah dan airnya menumpuk. Selain itu, cara tersebut juga bisa mengakibatkan penumpukan garam yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman Anda. 

Mungkin Anda selama ini sering tak menyadari kondisi tersebut dan terus melakukannya. Jadi tak heran banyak tanaman Anda yang layu dan mati akibat banyaknya butiran garam yang ada di seluruh daun atau pada sisi pot.

Nah, itulah 6 kesalahan dalam merawat tanaman indoor yang selama ini tak Anda sadari bisa membuat tanamanmu mati atau layu. Sesudah membaca & mengerti, jangan kerjakan 6 hal di atas pada tanaman Anda lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wajib Anda Tau! Ini 6 Penyebab Tanaman Indoor Tak Bisa Tumbuh Subur"

Posting Komentar