HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Teknik Memperbesar Batang Tanaman Bonsai, Tak Perlu Banyak Biaya

Tanaman Bonsai

Bonsai merupakan seni memperindah suatu tanaman. Pesona dari tanaman ini adalah manifestasi dari pohon asli. Bisa dibilang, tanaman bonsai adalah wujud mini dari suatu pohon asli. Walaupun ukurannya kecil, bonsai juga memiliki bagian-bagian lengkap layaknya pohon sungguhan.

Seni membentuk keindahan bonsai dilakukan dengan mengubah postur tanaman sesuai dengan keinginan. Beberapa bagian tanaman harus dibuat lebih besar, kecil, panjang, lurus, melengkung, tertanam, dan lain-lain. Tujuannya untuk membuat tanaman bonsai terlihat lebih dramatis dan seolah-olah sudah berumur tua.

Baca Juga:

Ada banyak ragam proses untuk mempercantik tampilan tanaman bonsai, seperti misalnya mengubah daun menjadi kecil-kecil, akar menjadi kekar, atau bahkan batang menjadi besar. Dalam mengubah bentuk bonsai, setidaknya ada dua metode unik yang bisa dilakukan untuk merubah bentuk bonsai dengan memperbesar batang tanaman bonsai.

Pencekikan Batang

Metode pencekikan batang dilakukan untuk memperbesar ukuran batang dengan cara melilitkan kawat tembaga di pangkal batang yang akan diperbesar ukurannya. Kawat tersebut dililitkan di pangkal batang sangat kuat dan erat mengelilingi pangkal batang hingga melukai lapisan kulit batangnya. Hal tersebut dilakukan guna untuk menahan aliran makanan dari akar sehingga cadangan makanan menumpuk di pangkal batang dan akhirnya bisa membuat ukuran batang lebih besar.

Menggabungkan Batang

Selain metode pencekikan, Anda juga bisa memperbesar ukuran batang bonsai dengan cara menggabungkan beberapa batang tanaman sekaligus. Hal yang harus Anda perlukan yakni 5 batang dari tanaman sejenis yang berusia cukup mudah dan ukurannya tidak seragam. Setelah itu, beberapa bagian batang tersebut dilukai secara acak. Lalu, batang-batang tersebut digabung menjadi satu dengan mengikatnya menggunakan tali rafia mulai dari bagian pangkal hingga ke pucuknya.

Tiap pucuk tanaman dibengkokkan dengan memakai lilitan kawat tembaga ke arah yang berbeda-beda agar menjadi cabang. Proses tersebut dilakukan mulai dari batang yang paling rendah terlebih dahulu, sedangkan batang tertinggi tetap dibiarkan lurus. Nantinya batang-batang yang telah digabungkan tersebut akan menyatu dengan sendirinya secara permanen. Tujuan dari memilih batang yang masih muda karena lebih cepat menyatu daripada batang yang tua.

Hal tersebut bisa terjadi karena pertumbuhannnya dari batang muda lebih cepat serta kondisi strukturnya yang masih cukup lunak. Jika batang-batang sudah terlihat menyatu menjadi satu tanaman utuh, Anda bisa melepas tali rafia yang mengikatnya. Buka tali tersebut secara perlahan-lahan sambil memeriksa apakah batang sudah benar-benar menyatu atau belum. Metode ini akan menghasilkan tanaman yang memiliki batang dengan bagian pangkal yang jauh lebih besar daripada atasnya.

Melakukan Pemangkasan

Tujuan dari dilakukannya pemangkasan adalah untuk memperbesar bonggol atau batang utama tanaman bonsai. Saat tumbuhnya dahan baru tanaman bonsai akan mempercepat proses pembesaran bonggol atau batang utama tanaman bonsai. Selain itu, melakukan pemangkasan juga berguna untuk memperapih ranting atau dahan pada tanaman bonsai.

Cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan, semoga bisa memberikan banyak wawasan kepada pencinta bonsai pemula. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan ke sesama pembonsai untuk menambah pengalaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Memperbesar Batang Tanaman Bonsai, Tak Perlu Banyak Biaya"

Posting Komentar