HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Bawang Merah Tidak Tumbuh? Simak Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Bawang Merah

Bawang merah merupakan tanaman hortikultura berumur pendek yang mempunyai banyak manfaat dan bernilai ekonomis tinggi. Pastinya komoditas yang satu ini sangat dibutuhkan keberadaannya. Komoditas pertanian ini mempunyai peran yang cukup tinggi terhadap perkembangan ekonomi dalam suatu wilayah.

Baca Juga:

Walaupun saat ini sudah banyak petani bawang merah, namun ternyata tak sedikit yang masih belum tau mengenai kendala yang ditemui sebelum masa panen tiba. Biasanya kendala-kendala tersebut diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Tak hanya disebabkan oleh serangan hama dan penyakit.

Padahal mengatasi masalah tersebut tidaklah sulit, asalkan Anda tau gejala, penyebab, dan cara mengatasi supaya bisa segera memberi penanganan ke bawang merah yang tidak tumbuh. Nah, bagi Anda yang penasaran yuk simak dibawah agar tau.

Gejala Bawang Merah Tidak Tumbuh

Bawang merah yang tidak tumbuh pada saatnya akan menunjukan beberapa gejala seperti, tidak muncul umbi, kering, membusuk, layu, bahkan mati. Setiap gejala diakibatkan oleh beberapa faktor. Pada umumnya bawang merah akan tumbuh tunas ketika tanaman berumur 2 bulan setelah ditanam. Jika belum kunjung tumbuh dalam waktu tersebut maka bisa dipastikan ada kesalah dalam menanam bawang merah.

Penyebab Bawang Merah Tidak Tumbuh

Faktor-faktor yang membuat bawang merah tidak tumbuh biasanya dari faktor keturunan yang kurang bagus, cuaca, atau tanaman terserang penyakit. Berikut adalah beberapa penyebab bawang merah tidak tumbuh.

1. Kualitas Umbi Buruk

Bawang merah merupakan tanaman berjenis umbi. Memilih umbi dengan kualitas buruk bisa membuat bawang merah tidak bisa segera tumbuh. Umbi dengan kualitas yang buruk biasanya memiliki ciri-ciri berikut:

  • Mempunyai cacat
  • Berwarna lebih gelap
  • Berukuran kurang dari 1,5 cm

2. Syarat Tumbuh

Cuaca yang tidak tepat menyebabkan tanaman bawang merah tidak bisa tumbuh dengan baik. Anda harus memperhatikan cuaca atau iklim karena hal tersebut merupakan salah satu syarat tumbuh bawang merah agar bisa berkembang dengan sempurna.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti curah hujan, ketinggian, suhu lingkungan, intensitas sinar matahari, kelembaban tanah, dan tingkat keasaman. Berikut adalah syarat tumbuh tanaman bawang merah:

  • Curah hujan untuk bawang merah sebaiknya hanya berkisar 100 hingga 200 mm pada setiap bulannya. Untuk tingkat ketinggian, idealnya di 10 hingga 200 meter dari permukaan laut.
  • Suhu yang paling bagus untuk tanaman bawang merah berkisar di 20 - 30 derajat celcius dengan kelembaban udara 90%. Selain itu, bawang merah juga sebaiknya terkena sinar matahari selama 12 jam setiap hari.
  • Tingkat keasaman pada media tanam maksimal 6,5 agar bawang merah bisa berkembang lebih optimal.

3. Hama dan Penyakit

Tak hanya syarat tumbuh yang menentukan pertumbuhan bawang merah. Hama dan penyakit yang menyerang tanaman bawang merah seperti orong-orong, ulat bawang, ulat grayak, lalat pengorok, hingga thrips bisa membuat tanaman bawang merah rusak. Akibatnya bawang merah yang terserang hama dan penyakit mengalami kesulitan tumbuh.

Bawang merah yang terserang penyakit ditandai dengan munculnya bercak, luka, membusuk, perubahan warna. Jika bawang merah yang mengalami gejala tersebut dibiarkan maka kemungkinan besar bawang merah bisa mengalami kematian.

Oleh sebab itu, mengenal hama dan penyakit tanaman bawang merah dan cara mengatasinya perlu dilakukan agar Anda bisa memberi penanganan segera ke bawang merah yang terserang hama dan penyakit.

Cara Mengatasi dan Pencegahan Bawang Merah Tidak Tumbuh

1. Menyeleksi Umbi

Memilih umbi yang berkualitas sangat perlu karena bisa menjaga kelangsungan hidup bawang merah. Pastikan umbi yang dipilih tidak ada cacat, tidak ada luka, serta mempunyai ukuran yang ideal. Selain itu, jika Anda memakai bibit bawang merah yang sudah dikemas perhatikan masa kadaluarsanya.

Biasanya bibit bawang merah yang berkemas sudah mempunyai sertifikat untuk bibit yang dijual. Hal tersebut menandakan bahwa bibit yang dijual sudah mempunyai standar khusus walaupun harganya sedikit mahal.

2. Memenuhi Nutrisi

Pemberian nutrisi yang tepat perlu dilakukan, bawang merah membutuhkan kandungan nutrisi nitrogen, fosfor, dan kalium dalam jumlah yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik. Selain itu, unsur lain seperti boron, tembaga, mangan, besi, seng, silikon, magnesium, kalsium, dan sulfur juga dibutuhkan oleh bawang merah.

Pemberian pupuk dalam dosis yang tepat berguna untuk memenuhi nutrisi tanaman. Anda bisa memilih pupuk kimia yang mempunyai kandungan unsur hara yang lebih banyak atau pupuk organik yang lebih aman namun kandungan unsur hara tidak sebanyak pupuk kimia. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bawang Merah Tidak Tumbuh? Simak Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar