HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Daun Tanaman Menguning? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Daun Tanaman Menguning

Mempunyai tanaman dengan daun berwarna hijau membuat suasana lebih asri dan segar. Namun sayangnya, tanaman yang daunnya menguning memberi kesan yang kurang enak untuk dilihat. Tanaman menguning merupakan tanda bahwa tanaman stress, seperti kekurangan atau kelebihan air dan juga karena hama yang mengganggu tanaman tersebut.

Baca Juga:

Jangan khawatir, daun tanaman yang menguning bisa diatasi dengan cara mengetahui penyebab dan cara mencegahnya. Dengan melakukan langkah tersebut, Anda akan bisa memberi penanganan khusus bagi tanaman yang daunnya menguning agar tidak semakin parah. Berikut adalah beberapa penyebab daun menguning dan cara mengatasinya.

1. Pemberian Air yang tidak tepat

Perlu diketahui, memberi terlalu banyak air atau terlalu sedikit bisa membuat daun tanaman menjadi kuning. Apalagi untuk tanaman hias yang tumbuh di pot, pastinya air yang dibutuhkan tidak boleh terlalu banyak karena bisa menyebabkan daun menjadi rusak.

Alasannya, tanaman dalam pot yang kelebihan air akan membuat akar tenggelam sehingga tanaman akan kesulitan dalam memperoleh oksigen. Jika hal tersebut terus dibiarkan, tanaman akan menjadi busuk bahkan bisa mati.

Sedangkan jika tanaman kekurangan air, tanaman akan menunjukkan tanda stres dengan menguningkan daunnya. Tanaman menguningkan daunnnya untuk mencegah transpirasi sebagai cara menghemat air.

Untuk mencegahnya, lakukan pemberian air yang tepat misalnya dua hari sekali. Atau jika hujan turun, sebaiknya kurangi pemberian air pada tanaman, jangan sampai tanaman dalam pot tergenang air.

2. Usia

Semakin bertambahnya usia tanaman, tanaman akan menguning pada daun bagian bawah dan mulai merontokkan daunnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pemangkasan pada batang untuk merangsang pertumbuhan tunas baru.

3. Kekurangan Nutrisi

Daun tanaman yang menguning bisa disebabkan karena tanaman tidak mendapatkan nutrisi yang tepat. Setiap tanaman membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Maka dari itu, pemberian nutrisi harus dilakukan sesuai dengan jenis tanaman dan dosisnya supaya tanaman bisa tumbuh subur dan sehat.

4. Infeksi

Daun tanaman yang menguning juga bisa disebabkan oleh infeksi virus, tanaman yang terinfeksi akan muncul bercak kekuningan yang menyebar di seluruh bagian tanaman. Biasanya kondisi ini akan menyebabkan tanaman cacat pada bagian batang atau bunga karena berubah warna.

Infeksi virus pada tanaman tidak mudah disembuhkan dan bisa menularkan ke tanaman lainnya. Namun, Anda bisa mencegah penularan dengan memisahkan tanaman yang terinfeksi virus dari tanaman lain. Anda juga bisa menyembuhkan tanaman yang terinfeksi menggunakan fungisida atau pestisida organik.

5. Kurang Sinar Matahari

Tanaman yang kekurangan sinar matahari bisa mengakibatkan daunnya menjadi berwarna kuning dan rontok. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan cara memindahkan tanaman yang kekurangan sinar matahari ke tempat yang terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam dalam sehari.

6. Suhu Dingin

Tak hanya tanaman yang kekeringan, suhu yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan daun tanaman menjadi kuning dan rontok. Hal ini berbedap dengan paparan dingin yang intens dalam waktu singkat, yang akan menyebabkan daun menjadi kecokelatan atau bintik-bintik pucat dan transparan muncul di antara serat daun.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memindahkan tanaman ke area yang tidak terlalu dingin atau terlalu dekat dengan jendela dan AC agar kelembaban tanaman bisa terjaga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daun Tanaman Menguning? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar