HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Tembakau dan Daun Sirsak, Mudah Dibuat dan Ampuh Atasi Hama!

Pestisida Nabati Buatan

Pada umumnya tembakau digunakan sebagai bahan pembuatan rokok atau cerutu. Namun disisi lain, tembakau juga bermanfaat bagi tanaman berkat kandungan zat alkaloid yang bisa menjadi pestisida nabati untuk atasi hama dan penyakit pada tanaman.

Kebanyakan Pestisida yang dijual dipasaran mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan. Maka dari itu, menggunakan pestisida buatan sendiri dari tembakau bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk mengatasi hama tanaman.

Baca Juga:

Pastinya  pestisida buatan sendiri akan lebih aman. Selain itu, cara pembuatannya juga mudah dan cukup efektif. Kandungan nikotin yang ada pada daun tembakau membuat serangga terutama makhluk bertubuh lunak seperti siput dan kutu daun akan keracunan.

Kandungan nikotin pada tembakau juga bisa berefek menstimulasi penurunan nafsu makan hama sasaran. Meskipun begitu, tembakau tergolong lebih aman digunakan sebagai insektisida dibandingkan insektisida sintetis, terutama saat tanaman masuk dalam masa generatif.

Sedangkan daun sirsak mengandung senyawa aktif annonain dan resin yang efektif dalam mengendalikan hama pengganggu tanaman. Selain itu, kandungan acetogenin pada daun sirsak juga bisa merusak lambung hama sasaran, sehingga sistem pencernaan pada serangga akan mengalami kegagalan fungsi.

Kombinasi kedua bahan tersebut sangat efektif dalam mengatasi hama berbagai jenis serangga dan ulat. Bagaimana tertarik untuk membuatnya? berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan pestisida nabati dari tembakau dan daun sirsak.

Bahan baku:

  1. 100 gram daun sirsak
  2. 100 gram tembakau
  3. Hidrogen Peroksida 50% (H2O2)

Cara membuat:

  1. Masukkan daun sirsak ke dalam blender dan tambahkan sedikit air
  2. Blender daun sirsak hingga halus
  3. Jika sudah, masukkan daun sirsak yang sudah dihaluskan ke dalam wadah
  4. Selanjutnya, haluskan tembakau menggunakan blender (tambahkan air secukupnya)
  5. Campurkan tembakau yang sudah dihaluskan ke dalam wadah yang berisikan daun sirsak yang sudah dihaluskan
  6. Di wadah yang berbeda, campurkan Hidrogen Peroksida 50% sekitar 60ml dengan 940ml air lalu aduk
  7. Setelah itu, campurkan larutan hidrogen peroksida yang sudah ditambahkan air ke dalam wadah yang berisikan campuran tembakau dan daun sirsak yang sudah dihaluskan
  8. Aduk hingga merata dan tutup rapat menggunakan kain
  9. Simpan 12 hingga 24 jam
  10. Jika sudah, saring menggunakan saringan
  11. Isi tangki sprayer dengan air hingga setengah lalu tambahkan pestisida yang sudah dibuat kira-kira 2 gelas air mineral 
  12. Aduk rata dan tambahkan air hingga tangki sprayer hampir penuh
  13. Pestisida nabati buatan siap diaplikasikan ke tanaman

Cukup sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat kepada banyak orang. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Source:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Pestisida Nabati dari Tembakau dan Daun Sirsak, Mudah Dibuat dan Ampuh Atasi Hama!"

Posting Komentar

LANGGANAN