HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Peternak Wajib Tau, Ini 5 Jenis Rumput untuk Pakan Ternak Sapi Berkualitas

Rumput Gajah

Rumput merupakan salah satu pakan ternak utama bagi hewan ternak seperti sapi. Pakan seperti rerumputan merupakan jenis pakan yang paling diminati oleh para peternak sapi. Alasannya tentu karna mudah didapatkan dan mengandung gizi cocok untuk membantu menambah bobot badan ternak. 

Rerumputan adalah sumber serat dan energi bagi sapi. Rumput mempunyai peran dalam menjaga kesehatan dan fungsi rumen. Namun, taukah Anda bahwa ada beberapa jenis rumput yang mempunyai kandungan nutrisi yang baik dan populer karna banyak dicari oleh para peternak. 

Baca Juga:

Nah, pada artikel ini saya akan membahas mengenai beberapa jenis rumput tersebut. Berikut kami sajikan untuk Anda:

1. Rumput Gajah
Rumput gajah

Rumput gajah atau dengan nama latin Pennisetum pupureum merupakan jenis rumput yang paling disukai oleh para peternak sapi. Alasannya karna rumput ini dapat meningkatkan hasil produksi jika dibandingkan dengan jenis pakan ternak lain. Tak sedikit para peternak sapi yang membudidayakan rumput gajah untuk dijadikan pakan ternak karena rumput ini mempunyai usia panen yang relatif cepat dan cara menanamnya pun tergolong mudah. Jenis rumput ini mengandung kurang lebih 10% protein kasar dan 31% serat kasar.

2. Rumput Raja
Rumput raja

Penissetum purpureophides atau yang biasa dikenal dengan rumput raja merupakan jenis rumput pakan ternak yang mempunyai keunggulan di daya adaptasinya. Rumput ini mempunyai daya adaptasi yang baik jika dibandingkan dengan rumput pakan lainnya. Sama seperti rumput gajah, rumput raja juga merupakan salah satu rumput yang banyak dibudidaya oleh para peternak sapi. Rumput ini mempunyai kandungan serat kasar yang cukup tinggi, yakni 32,6%. Kandungan proteinnya juga tergolong tinggi yakni sebesar 15,67%. 

3. Rumput Signal
Rumput signal

Rumput ternak sapi yang bagus selanjutnya yakni rumput signal. Jenis Rumput ini diminati oleh para peternak karena mempunyai banyak keunggulan seperti tahan injakan, tahan kekeringan, cepat panen, toleran terhadap lahan kritis, dan cocok ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Kandungan seratnya berkisar antara 30-35% sedangkan protein kasarnya 6-10%.

4. Rumput Gajah Odot
Rumput odot

Rumput ini merupakan salah satu jenis rumput gajah. Rumput gajah odot atau dengan nama latin Pennisetum purpureum cv.mott merupakan jenis rumput unggulan yang berasal dari filipina. Rumput jenis ini mempunyai sangat digemari oleh hewan ternak sapi karna mempunyai struktur daun muda dengan banyak ruas daun. Tak hanya itu, rumput ini juga mempunyai keunggulan seperti kandungan nutrisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumput gajah. Rumput ini kurang lebih mengandung serat kasar 33,5% dan protein kasar 8,3%.

5. Rumput Tuton
Rumput tuton

Rumput tuton merupakan rumput yang biasanya digunakan sebagai pakan ternak. Jenis rumput yang satu ini dipercaya oleh para peternak sapi untuk melancarkan dan memperbanyak produksi air susu sapi.

Pakan ternak seperti rerumputan merupakan kebutuhan serat kasar dan protein yang dibutuhkan oleh hewan ternak seperti sapi. Maka dari itu ada baiknya jika para peternak membudidayakan rumput jenis unggulan tersebut sendiri.

Tak hanya rerumputan, agar hewan ternak mempunyai kualitas yang baik lebih baik diberi pakan tambahan seperti konsentrat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sapi.

Itu dia mengenai beberapa rumput yang bagus untuk sapi. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi banyak orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peternak Wajib Tau, Ini 5 Jenis Rumput untuk Pakan Ternak Sapi Berkualitas"

Posting Komentar