HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Ayam Bangkok Dengan Mudah! Peluang Usaha Yang Menggiurkan

Ayam Bangkok

Budidaya ayam bangkok merupakan potensi usaha dalam jenis unggas yang banyak dilirik oleh masyarakat, jenis ayam ini merupakan ayam jantan yang dibudidayakan untuk rangka dijadikan ayam aduan. Sesuai dengan namanya ayam ini berasal dari Thailand yang dahulu ditemukan di alam liar, ayam bangkok bermula dari upaya menemukan jenis ayam jago baru dan emudia diberi nama King's Chicken.

Nama King's Chicken berasal dari sifat yang ditunjukan oleh ayam ini, karena memiliki gerakan yang cepat dan kekuatan yang besar ketika bertarung. Pedagang China yang saat itu berada di Thailand sangat tertarik dengan ayam jago ini, dan tidak sedikit warga China yang memberi julukan ke ayam jago ini sebagai Leung Hang Zhao dan lama kemudian ayam King's Chicken terkenal pada masa itu hingga ke negeri tirai bambu tersebut.

Pada saat ayam bangkok sudah populer di China, tidak sedikit orang yang berusaha untuk memperoleh bibit ayam dengan kualitas terbaik. Usaha tersebut dilakukan dengan mengawin-silangkan ayam bangkok dengan ayam sali China dan hasil tersebut memperoleh jenis ayam baru yang mempunya kekuatan setara dengan ras ayam bangkok asli dari Thailand. Dikarenakan tubuh ayam bangkok yang besar dan gagah, sangat cocok untuk dijadikan sebagai ayam aduan yang memiliki potensi harga jual yang tinggi.

Di Indonesia sendiri ayam bangkok mulai dikenal pertama kali di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Tuban, dengan tubuh besar dan perkasa membuat ayam ini mulai diminati masyarakat. Di Indonesia ayam bangkok juga mengalami proses yang sama dengan yang terjadi di China, ayam bangkok di Indonesia sering kali dikawin-silangkan untuk mendapat bibit ayam yang unggul. Hasil perkawinan-silang tersebut menghasilkan jenis ayam bangkok di Indonesia memiliki penampilan yang berbeda dengan ayam bangkok asli yang berasal dari Thailand.

Di Indonesia sendiri kegiatan atau pelaksanaan mengadu ayam merupakan sebuah pejudian, meskipun hal tersebut kontroversial namun pembudidayaan ayam bangkok masih diperbolehkan karena dapat menjadi sebuah usaha yang dapat digeluti karna nilai jual yang tinggi. Diberbagai tempat ayam ini juga dijadikan sebagai olahan makanan yang sangat populer, terutaman sebagai olahan sayuran maupun ayam panggang. Pengetahuan khusus terhadap ayam bangkok perlu di dapatkan jika ingin melakukan usaha pembudidayaan ayam ini untuk memperoleh hasil yang maksimal, karena orang yang mempunyai hobi tentu akan lebih mengenal dan lebih mudah untuk menentukan langkah dalam pembudidayaan ayam bangkok.

Berikut beberapa cara budidaya ayam bangkok.

Persiapan Kandang yang Ideal

Dalam pembudidayaan ayam bangkok perlu diperhatikan tentunya adalah kandang, dikarenakan kandang dalam budidaya unggas merupakan persyaratan yang wajib disiapkan sebelum memulai budidaya. Oleh karena itu persiapan kandang ayam sangat penting dilakukan untuk keberhasilan budidaya, dan tentu saja kandang yang ideal akan memberikan kenyamana pada ayam yang dipelihara.

Dalam pembudidayaan ayam bangkok, terkadang penggunaan jenis kandang berupa kurungan yang populer digunakan namun hal tersebut kurang efektif jika ukuran kandang terlalu kecil. Ukuran kandang yang terlalu kecil akan membatasi ruang gerak ayam bangkok itu sendiri, oleh sebab itu kandang yang ideal bagi ayam dapat dilihat dengan kriteria berikut.

  • Kandang yang idela untuk ayam bangkok dapat dibuat dengan ukuran 5x5 meter, Penggunaan ukuran ini juga dibatasi dengan jumlah ayam yang disesuaikan dengan kepadatan kandang
  • Kandang dibuat persegi dengan atap dan dinding dibuat semi permanen
  • Atap dan dinding harus kuat untuk menghindari predator yang dapat mengancam ternak
  • Atap kandang terbuat dari bahan yang dingin agar ayam terasa nyaman
  • Pemberian tenggeran dapat dilakukan agar ayam lebih nyaman

Baca Juga:

Menentukan Lokasi Budidaya

Ayam bangkok merpakan jenis yang pada dasarnya dapat dibudidayakan di dataran rendah maupun di taran tinggi dengan suhu yang dingin, hai ini merupakan suatu keuntungan tersendiri. Meskipun dapat dibudidayakan pada dataran rendan dan dingin, untuk mendapat hasil yang optimal dan menguntungkan dalam budidaya ayam bangkok tentu lokasi juga perlu dipertimbangkan secara matang dan spesifik. Berikut kriteria lokasi yang cocok untuk budidaya ayam bangkok.

  • Lokasi kandang haruslah dekat karena untuk mempermudah dalam hal pengawasan
  • Dekat dengan sumber air, untuk pembersihan, perawatan dan pemeliharaan yang lebih mudah
  • Kontur tanah yang datar karena dapat membuat ayam tidak nyaman

Bibit Ayam Bangkok Berkualitas

Dalam pembudidayaan ayam bangkok salah satu cara yang menguntungkan adalah menyiapkan bibit atau anakan ayam yang berkualitas. Pembudidayaan dapat dilakukan dengan menggunakan anakan atau dapat dimulai dengan indukan, pembudidayaan dengan indukan dapat dilakukan dengan mengkawinkan ayam dan cari ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam pembudidayaan ayam bangkok

Pembudidayaan yang dilakukan dengan anakan akan relatif lebih menguntungkan dalam budidaya ayam bangkok, hal ini disebabkan waktu perawatan akan lebih cepat dan kemudian ayam dapat dijual kembali. Pembudidayaan dengan anakan ayam bangkok memiliki harga yang lebih murah, sehingga perawatan yang tidak terlalu lama dan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih.

Perawatan dan Pemeliharaan

Dalam budidaya ayam bangkok perawatan dan pemeliharaan penting dilakukan untuk keuntungan yang maksimal, hal ini dapat berpengaruh sebagai faktor kebehasilanbudidaya. Berikut merupakan hal yang wajib dilakukan dalam budidaya ayam bangkok.

Pemberian Pakan

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan ayam bangkok, pemberian pakan merupakan hal yang sangat penting. Pemberian pakan dapat dilakukan 2-3 kali dalam sehari dengan jumlah proporsional yang mempertimbangkan ukuran tubuh serta juga jenis pakan yang di berikan. Pemberian pakan dilakukan dengan jenis berupa biji-bijian, pelet atau nasi kering.

Sanitasi dan Kebersihan Kandang

Sanitasi dalam kebersihan kandang dilakukan secara teratur untuk mengurangi dan meminimalisir resiko serangan hama dan penyakit yang mungkin saja terjadi pada ayam bangkok. Pembersihan kandang harus dilakukan rutin setiap hari dengan cara membuang kotoran yang berada dalam kandang dan selalu jaga kondisi kandang dalam keadaan kering dan tidak lembab.

Memandikan Ayam Bangkok

Memandikan ayam bangkok setiap hari merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan ayam bangkok, hal ini dapat dilakukan pada pagi hari dan jemur ayam pada terik sinar matahari sampai pukul 9 pagi. Cara ini dilakkan dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran serta menjaga ayam dalam keadaan segar, memandikan ayam dapat dilakukan dengan menggunakan lap basah cara ini agar ayam tidak terkena air secara langsung.

Vaksinasi

Vaksinasi merupakan cara lanjutan denga harapan untuk menjaga kesehatan ayam. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh untuk menghindari resiko terkena virus flu burung sehingga tidak menimbulkan kegagalan maupun kerugian dalam budidaya ayam bangkok.

Melatih Ayam Bangkok

Pelatihan ayam bangkok dapat dilakukan jika bertujuan untuk menjadikan ayam aduan, untuk mendapat kualitas ayam yang bernilai tinggi. Proses ini dilakukan dengan tujuan agar ayam tidak takut saat berhadapan dengan lawan, pelatihan ini dilakukan pada ayam bangkok yang sudah dewasa dan siap bertarung.

Sekian pembahasan tentang cara budidaya ayam bangkok semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk budidaya ayam bangkok dan jangan lupa share artikel ini agar semua orang dapat melihat informasi budidaya ayam bangkok. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Ayam Bangkok Dengan Mudah! Peluang Usaha Yang Menggiurkan"

Posting Komentar

LANGGANAN