HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Jitu Tingkatkan Produksi Buah Kakao Menggunakan Teknik Sambung Samping

Teknik sambung samping

Dalam menanam buah kakao ada gangguan organisme yang menyebabkan pertumbuhan terganggu, hal tersebut dikarenakan penggunaan bibit yang tidak jelas asal-usulnya, sehingga menyebabkan kerugian karena produktivitas tanaman yang rendah.

Anda tak perlu repot-repot untuk melakukan penanaman ulang yang justru akan membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu tanaman mulai berbuah. Anda bisa menggunakan teknik sambung samping untuk memperbaiki produktivitas tanaman.

Baca Juga:

Apa Itu Teknik Sambung Samping?

Dalam tanaman kakao teknik sambung samping merupakan teknik menyambung batang atas atau entres dari tanaman induk ke batang bawah tanaman kakao yang mempunyai produktivitas rendah. Teknik Sambung samping berguna untuk membuat jumlah produksi buah meningkat dari yang sebelumnya berbuah sedikit.

Persiapan Sebelum Melakukan Teknik Sambung Samping

1. Alat dan Bahan

Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang harus Anda siapkan sebelum memulai teknik sambung samping:

  • Pisau okulasi.
  • Gunting pangkas.
  • Gergaji.
  • Golok.
  • Batu asah.
  • Plastik bening.
  • Tali rafia.

2. Mempersiapkan batang bawah

Lakukan pemangkasan dan pemupukan sebelum melakukan sambung samping. Pemangkasan dilakukan agar fotosintesis pada tanaman lebih optimal untuk pertumbuhan sambungan. Sedangkan pemupukan dilakukan untuk menutrisi tanaman dan mengurangi resiko tanaman terserang hama dan penyakit setelah disambung samping.

3. Mempersiapkan batang atas

Setelah batang bawah siap, selanjutnya lakukan penyiapan batang atas atau entres. Entres didapatkan dari cabang-cabang tanaman kakao dengan produktivitas tinggi yang tahan terhadap hama dan penyakit. Seperti entres yang didapatkan dari tanaman kakao klon unggul PBC123 dan BR 25.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan entres yang bagus dari tanaman yang mempunyai produktivitas tinggi minimal selama 4 tahun berturut-turut, bebas dari hama dan penyakit, jumlah biji perbuah lebih dari 40 butir dan berat biji kering lebih dari 1 gram perbiji. 

Cabang-cabang yang digunakan merupakan cabang yang masih muda dengan usia 3 bulan berwarna hijau kecokelatan.

Jika Anda mendapatkan entres dari tempat yang jauh dari tanaman batang bawah, Anda harus melakukan pengemasan khusus supaya entres bisa tetap segar. Sebaiknya cabang-cabang entres yang sudah Anda dapatkan harus dibuang daunnya tanpa merusak tangkai daun agar penguapan entres tidak terlalu besar.

Agar entres bisa bertahan lebih lama gunakan pelah daun pisang sebagai pembungkus. Entres bisa bertahan kurang lebih selama 4 hari dalam perjalanan pengiriman.

Cara Melakukan Teknik Sambung Samping

A. Membuat mata entres

Entres didapatkan dari cabang sepanjang kurang lebih 15 cm yang mempunyai 2-4 duduk daun. Duduk daun merupakan bagian yang befungsi sebagai tempat tumbuh tunas yang nantinya akan menjadi batang-batang baru dari tanaman hasil sambung samping.

Beri sayatan seperti tombak dengan panjang 3-4,5 cm pada bagian bawah mata tunas. Selanjutnya, potong serongg sepanjang 2-3 cm bersebelahan dengan potongan bagian bawah kayu mata tunas pada ujung lainnya.

B. Membuat tapak sambungan

Tapak sambungan berasal dari batang pokok yang mempunyai ketinggian sekitar 45 hingga 75 cm dari permukaan tanah. Tapak sambung dibuat dengan 2 luka vertikal sejajar sepanjang 7 hingga 10 cm dengan jarak 2 sampai 3 cm. Buatlah torehan hingga menyentuh jaringan kayu.

Nantinya kedua torehan tersebut akan disambungkan dengan torehan horizontal di bagian atasnya. Selanjutnya, buka kulit yang sudah ditoreh kemudian sambungkan dengan entres yang sudah Anda buat.

C. Penyambungan

Lakukan penyambungan dengan cara memasukkan kayu mata tunas yang sudah siap ke dalam tapak sambungan secara perlahan dengan meembuka lidah torehan agar bagian potongan tidak sampai rusak. Selanjutnya, letakkan entres ke jaringan kayu pada batang bawah, Setelah itu ikat sambungan dengan tali rafia. Nantinya entres yang sudah melekat akan dibungkus menggunakan plastik bening dan dibiarkan kurang lebih 3 minggu.

D. Perlakuan pasca sambung samping

Setelah dilakukan penyambungan dan dibiarkan selama 3 minggu, buka bungkus plastik supaya pertumbuhan mata tunas tidak terhambat. Sambungan ini dirawat dan dibiarkan hingga tumbuh dengan ukuran cukup besar. Apabila sambungan sudah berusia 6 bulan, batang harus segera dipangkas untuk menghindari persaingan dengan sambungan.

Pemotongan dilakukan dengan jarak minimal 30 cm dari tapak sambungan. Setelah sekitar18 bulan, entres seharusnya akan tumbuh besar dan meningkat produksi buahnya dari sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Jitu Tingkatkan Produksi Buah Kakao Menggunakan Teknik Sambung Samping"

Posting Komentar

LANGGANAN