HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tahapan Beternak Bebek Petelur, Menentukan Modal Sampai Panen

Berternak Bebek Lebih Muda dengan Cara Ini

Bebek atau itik ialah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam kerabat Anatidae. Bebek biasanya ialah burung akuatik yang sejumlah besar memiliki ukuran lebih kecil dibanding familinya, angsa dan angsa berleher pendek, dan bisa diketemukan pada perairan air tawar atau air laut.

Langkah beternak bebek petelur menjadi kesempatan yang memberikan keuntungan. Ternak hewan satu ini mempunyai beberapa keuntungan dalam sisi usaha. Kecuali keinginan daging bebek yang lumayan tinggi, telur bebek juga jadi komoditas peternak bebek yang prospektif.

Telur bebek yang kaya gizi banyak disukai di pasar. Langkah beternak bebek petelur dipandang lebih baik dibandingkan dengan beternak ayam.

Ini yang selanjutnya memicu beberapa orang ingin coba bagaimanakah cara beternak bebek petelur. Ketahui langkah beternak bebek petelur dapat menolong peternak pemula untuk memperoleh hasil ternak yang optimal.

Beberapa kiat beternak bebek petelur perlu dipersiapkan sebaik-baiknya untuk hasil yang memberikan kepuasan. Langkah beternak bebek petelur ini diawali dengan tentukan bujet, menyiapkan kandang, penyeleksian bibit, perawatan, sampai pemanenan.

Berikut ada 7 cara beternak bebek petelur, dari menentukan modal sampai panen.

1. Menetapkan Anggaran

Langkah beternak bebek petelur yang pertama adalah tentukan bujet. Beternak bebek petelur tentu saja membutuhkan bujet yang cukup banyak. Anda perlu menulis bujet untuk bermacam keperluan dimulai dari bibit, kandang, pakan, dan perawatan periodik.

Tulis analisis modal awalnya. Modal awalnya ini mencakup pembelian bibit, pengerjaan kandang, sewa tempat (bila bukan tempat punya sendiri) dan harga pakan.

BACA JUGA:

Lagi Tren Ditanam Petani, Apa Itu Porang dan Berapa Harganya?

Tanaman Penghasil Pestisida Nabati Beserta Cara Pembuatannya

Cara Baru Ternak Ayam Potong dengan Atap Plastik UV, Tertarik Mencoba?

Selesai ketahui jumlah modal awalnya yang diperlukan, kamu dapat menyesuaikan dengan bujet yang dipunyai waktu itu. Modal dapat kamu bisa dari uang individu atau utang.

Sesudah tentukan modal awalnya, kamu dapat hitung ongkos perawatan dan keuntungan yang didapatkan sesudah telur bebek siap panen.

2. Persiapkan Tempat untuk Berternak

Usai tentukan modal, kamu coba persiapkan tempat untuk beternak. Tempat ternak bebek harus ada di tempat yang kering, bersih, dan nyaman untuk bebek. Tempat beternaknya juga harus mendapatkan penerangan yang cukup.

Yakinkan lahannya lumayan luas dan jauh dari permukiman masyarakat. Buat kandang yang pantas untuk rumah bebek. Sepertikan tempat dalam jumlah bebek yang akan di ternak.

Wajarnya, beternak bebek diawali dengan 100 ekor. Untuk kandang bebek, baiknya mempunyai ukuran 1m2 untuk dua ekor bebek.

Umumnya ada tiga tipe kandang yang sering dipakai untuk ternak bebek ini. Kandang itu ialah kandang pentas, kandang litter, dan kandang mekanisme baterei.

- Kandang panggung

Kandang panggung sendiri di buat mirip dengan kandang panggung yang berada di atas tanah. Hal berikut membuat kandang menjadi bersih, kering, dan dapat terhindar dari penyakit bebek. Kandang panggung sendiri memerlukan biaya yang cukup besar.

- Kandang litter

Kandang yang memakai litter biasanya ialah kandang postal, pentas, dan kandang clouse. Dari beberapa kandang ini yang terbanyak memakai sekam atau memakai sekam sampai akhir ialah kandang postal 2 lantai dan tentu saja kandang clouse house. Di kandang pentas sendiri umumnya pemakaian litter cuman sampai pada usia 14-18 hari.

Biasanya bagusnya sekam atau litter di turunkan di saat ayam memiliki bobot 700 gr lebih dan di waktu itu rerata ayam berusia 18 harian. Tapi bisa usia ayam lebih gampang serta lebih tua di dalam meraih berat itu. Oleh karena itu dasarnya ialah berat ayam.

- Kandang baterai

Kandang ini menggunakan sistem alas berlubang atau kawat. Sangkar baterai adalah sangkar persegi panjang yang disusun dalam barisan panjang dan dua tingkat atau lebih (North, 1994). Kandang baterai adalah sebuah kotak yang dihubungkan satu sama lain yang terbuat dari kayu, bambu atau kawat. Setiap kotak berukuran lebar 30 sampai 35 cm, panjang 45 cm dan tinggi 60 cm.

Lantai tempat baterai agak miring ke satu sisi sekitar 6-7 cm. Ada beberapa bentuk penutup baterai antara lain; Dek tunggal (sangkar baterai 1 tingkat), Dek ganda (sangkar baterai 2 tingkat), dek tiga (sangkar baterai 3 tingkat), dek empat dan lima dek hampir sama dengan dek tiga tetapi menggunakan tingkat 4 dan 5 . (Utara, 1994)

3. Pililah Bibit Unggul

Langkah setelah itu penyeleksian bibit bebek petelur. Nach, umumnya ada saat bebek masih memiliki ukuran kecil atau bebek yang siap bertelur. Harga juga bermacam bergantung tipe dan kwalitasnya.

Yakinkan jika untuk pilih bebek, harus bibit yang sehat dan berawal dari bibit unggul. Dalam beternak bebek, bibit bebek disebutkan dengan Day Old Duck (DOD). Bibit ini dapat diperoleh semenjak usia 1-10 hari sesudah menetas.

Ciri-ciri bebek yang sehat adalah berbobot di antara 38-40 gr, pergerakan gesit dan agresif, tidak ada kecacatan fisik, paruh mengkilat, suara bagus, dan bulu lembut. Untuk dapat hasilkan telur yang berkualitas, karena itu bebek petelur perlu diberi pakan yang tepat.

4. Pakan untuk Bebek

Pakan bebek harus penuhi keperluan protein, energi, dan mineral. Pakan bebek ini juga dapat diperoleh dari toko berbentuk ekstrak.

Pakan bebek dapat kamu dapatkan berbahan alami lain seperti sayur, beberapa bijian, keong, ikan, sampah ayam, serangga, atau kombinasi yang lain.

Kecuali memberikan pakan, perawatan bebek periodik penting. Seumpama, kandang bebek harus dibikin bersih setiap waktu untuk jaga kebersihan dan kelembapannya. Perkembangan bebek bisa juga berlainan dari 1 dengan yang lain.

Jadi kamu perlu mengategorikan bebek berdasar ukuran, untuk menahan bebek yang besar sakiti bebek yang lebih kecil. Disamping itu, pisahkan bebek yang sakit dan menyembuhkannya perlu dikerjakan. Dan, yakinkan jika kandang bebek mendapatkan cukup penerangan matahari.

Bebek mulai akan bertelur pada umur 5 sampai tujuh bulan. Pada awal saat-saat ini, jumlah telur kemungkinan belum konstan. Bebek akan bertelur tiap hari dan Anda dapat memetiknya tiap hari juga. Pada 5 sampai tujuh bulan pertama, di dalam 100 ekor, Anda kemungkinan dapat mendapatkan 30 sampai 50 butir telur bebek. Banyaknya itu juga akan makin bertambah saat umur bebek mulai lebih produktif.

Telur bebek mempunyai gizi yang semakin tinggi dari telur ayam. Kecuali ukuran yang semakin besar, gizi yang dipunyainya lebih unggul. Dengan begitu, kamu akan memperoleh semakin banyak gizi pada sebuah telur bebek.

Dalam perbedaan 100 g telur bebek dan telur ayam misalkan. Telur bebek mempunyai 13 gr protein sedang telur ayam mempunyai 12 gr protein. Telur bebek sanggup penuhi 90% konsumsi harian vitamin B12 sementara telur ayam cuman penuhi 23% konsumsi harian.

Kecuali dibanding itu, kandungan selenium, zat besi, vitamin D, dan kolin pada telur bebek semakin tinggi dari telur ayam. Tetapi, telur bebek memiliki kandungan jumlah yang semakin besar akan kalori, lemak, dan cholesterol. Menjadi penting untuk selalu mengkonsumsinya dengan jumlah sedang dan tidak terlalu berlebih.

Yup, sampai juga kita di ujung pembahasan untuk artikel ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, Sekian dan Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan Beternak Bebek Petelur, Menentukan Modal Sampai Panen"

Posting Komentar