HUBUNGI KAMI

PLASTIK UV GREENHOUSE

Jual Plastik UV, Pabrik Plastik UV, Distributor Plastik UV, Plastik Ultra Violet, Plastik UV Untuk Greenhouse, Jual Plastik UV di Surabaya, Harga Jual Plastik UV, Jual Plastik UV Untuk Greenhouse, Cara Jual Plastik UV, Plastik UV Untuk Greenhouse Atap Greenhouse, Iklan Plastik UV, Daftar Harga Plastik UV, Plastik Ultraviolet, Plastik UV Untuk Atap Kandang Ternak, Plastik UV Untuk Alas Kolam Ikan, Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)


Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tehnik Mudah Stek Pucuk Tanaman Jati

Guna memilih dan menyiapkan bahan tanaman untuk setek perlu diamati hal-hal berikut :
Bahan stek berupa pucuk yang berumur 2-3 pekan yang memiliki ciri-ciri: batang masih berambut, agak silindris, warna hijau cerah, memiliki tiga pasang daun, panjang antara 5-7 cm. Pilihlah pucuk yang tumbuh tegak ke atas (tunas orthotroph), hindari tunas yang tumbuh menyamping. Sesudah pucuk diambil, setiap helai daun dipotong dan disisakan 1/3 nya.

Pangkal stek pucuk dipotong miring dengan pisau tajam (cutter). Pangkal setek dicelupkan dalam larutan Indole Butyric Acid (IBA) selama 5-10 menit.

Fokus IBA yang diterapkan yakni 0,02 gr IBA yang dilarutkan dalam sekitar 2 sendok NaOH atau alkohol kemudian dicampur air menjadi 1 liter. Untuk menanam stek maka perlu disiapkan media yang berupa campuran pasir, kompos dan tanah lapisan atas dengan perbandingan 2:3:1, yang dimasukkan ke dalam polibag berukuran 10x15 cm.

Polibag sebaiknya bening tembus pandang agar bisa diketahui jikalau akar telah tumbuh. Kemudian, polibag dirapikan di dalam bedeng berupa tanah rata yang tidak tergenang air bila benih disiram. Bedeng semai sebaiknya berada pada area yang ternaungi (di bawah tegakan atau paranet/shading net).

BACA JUGA

Maraknya Penggunaan Greenhouse Untuk Pertanian di Masa Depan

Jadi Beginilah Cara Terbaik, Budidaya Kopi Dengan Mudah & Praktis!

Cara Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan

Penggunaan Insect Net atau Insect Screen Ternyata Sangat Menguntungkan!!


Agar pangkal stek tidak terluka dikala ditanam maka media dalam polibag dilubangi terlebih dulu dengan memakai ranting. Stek yang sudah dicelupkan dalam larutan IBA ditanam pada lubang tesebut. langkah selanjutnya, media disiram dengan air. Bedeng setek ditutupi sungkup plastik dengan ketinggian sungkup 1/2 m.

- Buat rangka sungkup dari bambu, kemudian polibag dirapikan di dalamnya
- Kedua ujung rangka ditutup rapat dengan plastik
- Tutup dengan plastik yang dapat dibuka tutup
- Sungkup plastik transparan yang tertutup rapat dapat menjaga kelembaban bedeng stek tetap tinggi
- Situasi lingkungan yang baik untuk perakaran stek jati yakni : kelembaban di atas 80% dan suhu berkisar antara 24-32 C
*Info harga plastik sungkup bisa Anda lihat DISINI

Selama pemeliharaan, penyiraman dikerjakan dua kali sehari, yakn pada pagi dan petang. Apabila terjadi gejala adanya serangan jamur, semprot setek dengan fungisida (racun pembasmi jamur). Sebelum ditanam di lapangan, stek seharusnya secara bertahap dibiasakan untuk hidup di lingkungan kering dan terbuka yang berbeda dengan keadaan di sungkup. Caranya yaitu :
> Stek yang berakar dipisahkan dan dikumpulkan dalam satu bedeng tersendiri. Bedeng ini masih beradapada area ternaungi.
> Stek yang belum berakar juga dikumpulkan dalam bedeng  lainnya untuk dilanjutkan progres perakarannya. Stek yang berakar diperkenankan menyesuaikan diri pada bedeng yang baru dengan sungkup tertutup selama 3 hari. Sungkup dibuka secara bertahap dimulai dengan dibuka 10 cm.
> Setiap hari sungkup dibuka lebih lebar + 10 cm, terus menerus hingga pada umur 2 minggu sungkup sudah terbuka penuh. Biarkan benih stek lanjutnya benih hasil biakan stek ini dipindah ke area terbuka sampai siap tanam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tehnik Mudah Stek Pucuk Tanaman Jati"

Posting Komentar